Skip to main content

FAQ

Kami senang menjawab pertanyaan anda

Frequently Asked Questions (FAQs)

Rasanya tiada yang sulit dalam perjalanan menuju ke Pulau Harapan yang indah ini. Semua yang ingin ditanyakan, bisa dicek dulu di FAQs kami ya.

Transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk berangkat ke Pulau Harapan?

Anda dapat mencapai Pulau Harapan menggunakan transportasi laut, baik itu berupa kapal kayu tradisional (kapal yang digunakan nelayan untuk menangkap ikan), KM. Kerapu, ferry, maupun speedboat. Masing-masing armada punya ketetapan tarif yang berbeda-beda.

Berapa lama perjalanan menuju ke Pulau Harapan?

Jika menggunakan armada kapal kayu tradisional, KM. Kerapu, atau ferry, lama perjalanan menuju ke Pulau Harapan bisa sampai 3,5 hingga 4 jam. Sedangkan jika menggunakan speedboat bisa lebih singkat yakni sekitar 1,5 jam saja.

Di manakah bisa mendapatkan tiket kapal untuk keberangkat ke Pulau Harapan?

Untuk KM. Kerapu, dan Ferry, tiket dapat dibeli di pelabuhan Kali Adem, di belakang pasar ikan Muara Angke. Loket penjualan tiket buka dari pukul 06.30-07.30 WIB. Sedangkan untuk kapal tradisonal tidak membutuhkan tiket. Anda bisa langsung naik dan tarif dipungut ketika kapal sudah jalan. Khusus untuk tiket speedboat dapat dibeli di dermaga Marina Ancol.

Bagaimana kondisi laut menuju Pulau Harapan?

Tidak bisa dipastikan. Tergantung cuaca dan ombak. Saat cuaca buruk, angin bisa bertiup sangat kencang dan gelombang air laut tinggi. Ini tentu akan membahayakan kapal. Apalagi untuk kapal-kapal yang bertarif ekonomis dan sarat penumpang. Karena itu, kami biasanya menunda keberangkatan klien apabila cuaca tidak memungkinkan.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ke Pulau Harapan?

Sangat bervariasi. Untuk Anda yang ingin menggunakan jasa biro perjalanan, kami menyediakan tiga pilihan paket wisata dengan tingkatan harga yang beragam. Disesuaikan dengan jumlah pemesanan serta lama hari. Ketiga paket tersebut antara lain paket one day trip, (diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin pulang hari/tidak menginap), paket 2 hari 1 malam (2D1N), dan paket 3 hari 2 malam (3D2N). Kedua paket terakhir diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menginap dan mengeksplore pulau sepuasnya.

Kegiatan apa saja yang paling menarik dilakukan di Pulau Harapan?

Banyak sekali. Yang pasti sebagian besar aktivitas seru di Pulau Harapan tidak jauh-jauh dari laut. Semisal, snorkeling, scuba diving, watersport, menyusuri hutan bakau dengan kapal atau perahu, memancing, berlayar menyeberangi pulau-pulau terdekat. Aktivitas di darat dapat berupa hiking, sun bathing, mengunjungi penangkaran penyu, wisata kuliner, dan sebagainya.

Bagaimana jika ada yang sakit? Apakah di sana tersedia sarana kesehatan?

Jelas ada. Cukup mudah menemukan sarana kesehatan di sekitar Pulau Harapan. Memang bukan berupa rumah sakit besar, namun cukup mampu menangani masalah-masalah kesehatan atau kecelakaan ringan-menengah.  

Apakah sulit mencari penginapan terbaik dan murah di Pulau Harapan?

Di waktu-waktu tertentu seperti weekend atau musim liburan cukup memang cukup sulit. Sebab, sebagian besar penginapan yang ada pasti sudah dipesan oleh pengunjung yang mem-booking jauh-jauh hari. Apalagi jika Anda menginginkan penginapan murah dan lokasi strategis. Namun khusus untuk klien kami, kami bertanggung jawab penuh mempersiapkan penginapan terbaik yang lokasinya paling dekat dengan pantai.